Frequently Asked Question


Tentang PosFin

Apa Itu PosFin
PosFin adalah penyedia layanan Payment Point Online Banking (PPOB) berbasis Aplikasi dan Web Online dengan menggunakan kerjasama keagenan sebagai model bisnis utamanya. PosFin terafiliasi dengan PT. Pos Indonesia sebagai penyedia jasa layanan pembayaran terbesar, terlengkap dan termurah di Indonesia.
Apa keunggulan PosFin dibanding layanan PPOB lainnya
  • PosFin terhubung dengan lebih dari 500 mitra pembayaran menjadikan PosFin sebagai aplikasi penyedia layanan PPOB terlengkap di Indonesia, anda cukup menggunakan satu aplikasi untuk melakukan pembayaran apapun
  • PosFin memberikan harga dan keuntungan yang paling menarik diantara penyedia jasa layanan PPOB lainnya
  • PosFin menerapkan prinsip Non Deposit Based pada sumber dana pembayaran dimana anda dapat dengan leluasa menyimpan dana berapapun pada deposit PosFin tanpa terikat batasan penyimpanan dana
  • PosFin memberikan income bagi para agen nya di tiap transaksi secara real time
Bagaimana cara kerja PosFin
Agen menggunakan aplikasi PosFin untuk melakukan layanan pembayaran. Aplikasi PosFin akan mendebit saldo deposit agen untuk transaksi pembayaran. Tiap kali agen melakukan transaksi pembayaran agen akan mendapatkan komisi
Kenapa saya harus bergabung menjadi agen PosFin
Setiap rumah tangga di Indonesia memiliki kebutuhan pembayaran yang tinggi tiap bulannya, dengan bergabung menjadi agen pembayaran PosFin anda akan mendapatkan potensi keuntungan yang besar dari tiap transaksi yang dilakukan

Syarat Mendapatkan Layanan PosFin

Siapa saja yang bisa mendapatkan layanan PosFin
Setiap pengguna internet yang memiliki identitas warga negara Indonesia
Apa saja yang harus disiapkan untuk menjadi agen PosFin
  • Anda cukup menyediakan perangkat HP berbasis Android untuk mengakses Aplikasi PosFin atau perangkat komputer untuk mengakses Web Online PosFin
  • Dana awal sebagai deposit dana untuk melakukan transaksi pembayaran melalui PosFin
Perangkat apa yang mendukung layanan PosFin
  • Aplikasi PosFin bisa digunakan pada perangkat smartphone dengan sistem operasi Android OS v4 keatas
  • Web Online PosFin dapat diakses oleh perangkat PC atau laptop
Berapa biaya instalasi untuk menjadi agen PosFin
PosFin tidak mengenakan biaya instalasi apapun pada setiap agen yang akan bergabung. Jika terdapat kendala dalam operasional anda dapat menghubungi Upline anda atau HelpDesk PosFin
Berapa jumlah deposit yang harus disediakan
PosFin tidak menerapkan batasan deposit bagi para agen nya
Adakah kewajiban minimal deposit tertahan
PosFin tidak menerapkan aturan minimal deposit tertahan

Memulai Layanan PosFin

Dimana mendapatkan PosFin
  • Aplikasi PosFin dapat Anda unduh melalui platform aplikasi Google Play Store (khusus pengguna Android)
  • Untuk layanan Web Online PosFin anda dapat mengakses posfin.id melalui browser yang tersedia pada PC atau laptop anda
Apa yang harus saya lakukan sebelum menggunakan layanan PosFin
  • Bagi anda yang sebelumnya telah terdaftar sebagai agen PT. POS anda cukup melakukan login pada aplikasi PosFin menggunakan akun dan password yang telah kami kirimkan ke email
  • Bagi agen yang baru mendaftar layanan PosFin anda dapat melakukan registrasi pada layar login dengan langkah DAFTAR AGEN – VERIFIKASI AKUN – LENGKAPI DATA AGEN. Segera setelah akun anda terbentuk anda diharuskan mendapatkan persetujuan Upline untuk memulai transaksi pada aplikasi PosFin
  • Anda dapat menggunakan Akun anda secara bersamaan atau bergantian pada platform Android maupun Web Desktop. Hal ini menjadikan layanan PosFIN fleksible dan dapat digunakan kapan saja dimana saja
Bagaimana jika saya tidak melengkapi data detil pribadi
Anda tetap dapat menggunakan layanan PosFin, walau demikian kami menyarankan anda untuk melengkapi data pribadi sebagai data korespondensi kami
Bagaimana cara melakukan Top Up Deposit
  • Pada saat anda membuat akun baru secara otomatis PosFin memberikan nomor virtual account bank BNI (anda dapat melihat nomor virtual account bank BNI anda pada menu AKUN)
  • Untuk TopUp deposit cukup lakukan transfer dana dari bank manapun ke virtual account BNI anda melalui channel bank yang ada (ATM, Internet Banking, dll)
  • Setelah menerima dana Top Up secara otomatis PosFin akan menambahkan saldo deposit anda. Selanjutnya deposit dapat digunakan untuk transaksi pembayaran
Apakah saldo deposit dapat “Expired” dalam kurun waktu tertentu
PosFin tidak menerapkan masa Expired pada saldo deposit agen
Bagaimana cara melakukan transaksi pembayaran
  • Pilih Mitra Pembayaran pada menu Beranda dan Transaksi sesuai keinginan pelanggan dan ikuti langkah selanjutnya
  • Setelah proses pembayaran selesai anda dapat mencetak bukti pembayaran sebagai bukti pembayaran
  • Pilih Layanan Pembayaran pada halaman Beranda atau halaman Transaksi dan ikuti langkah selanjutnya
  • Setiap kali Agen melakukan pembayaran saldo deposit agen akan berkurang sessuai tagihan
  • Setelah proses pembayaran selesai Agen dapat mencetak bukti pembayaran sebagai bukti pembayaran
Apakah saya dapat melihat rekaman transaksi pembayaran dan Top UP yang sudah saya lakukan
  • Anda dapat melihat rekaman transaksi pembayaran dan Top UP melalui menu RIWAYAT
  • Anda dapat mencetak ulang atau menanyakan ke team Help Desk kami untuk setiap rekaman transaksi anda
Apa saja faktor penyebab kegagalan transaksi
  • Deposit anda tidak mencukupi
  • Koneksi Internet terputus
  • Terjadi gangguan pada system Mitra Pembayaran
Bagaimana jika transaksi saya gagal
Laporkan ke team helpdesk PosFin dengan melampirkan data-data transaksi
Bagaimana pembagian komisi transaksi pembayaran
  • PosFin selalu memberikan yang terbaik atas upaya para agennya dalam mendapatkan income yang maksimal, dengan memperhatikan hal tersebut PosFin memberikan porsi keuntungan terbesar bagi agen dalam bentuk komisi transaksi
  • Besaran pembagian komisi kepada agen tergantung pada Upline dari masing-masing agen
Bagaimana mekanisme pembayaran komisi transaksi
  • Pada dasarnya PosFin akan memberikan komisi setiap kali transaksi berhasil dilakukan dan agen juga dapat melihat laporan komisi yang didapat pada sistem PosFIN melalui menu AKUN – Riwayat Komisi
  • Namun demikian system laporan dan pembayaran komisi kepada para agen akan tergantung pada kebijakan Upline terhadap para agen dibawahnya
Jenis Printer Apa yang bisa digunakan pada system PosFIN
  • Android : Mini Thermal Printer dengan koneksi melalui Bluetooth
  • Web Desktop : Printer Dot Matrix
Bagaimana cara menghubungkan mesin printer dengan system PosFIN
  • Pada platform Android anda dapat menghubungkan PosFIN dan Printer dengan cara, masuk halaman riwayat, pilih salah satu transaksi, pilih icon printer, saat cetak pertama kali anda akan melalui proses menghubungkan printer melalui koneksi bluetooth
  • Pada platform web desktop pastikan anda telah terhubung dengan printer dot matrix. PosFIN akan mencetak bukti pembayaran melalui printer yang telah terhubung dengan Desktop/PC
Bagaimana sistem keamanan transaksi di PosFIN
  • PosFIN dilengkapi dengan beberapa sistem keamanan untuk menjamin transaksi anda berjalan dengan aman
    1. Two Factor Authentication : Setiap kali agen menggunakan PosFIN pada perangkat baru, PosFIN akan mengirim kode OTP melalui SMS untuk mengautentikasi akun anda
    2. Full Encrypted : PosFIN memastikan data transaksi anda telah ter enkripsi dengan baik sehingga aman dari upaya penyalahgunaan
    3. Dukungan Captcha : PosFIN dilengkapi Captcha saat login untuk menghindari upaya memasuki system PosFIN dengan auto bot

Layanan Pelanggan

Bagaimana cara melaporkan gangguan
  • Anda dapat mengirimkan email ke helpdesk@posfin.id atau masuk ke menu AKUN, pilih Customer Service. Laporan anda secara otomatis terkirim ke customer support PosFin
  • Anda juga dapat melaporkan gangguan ke nomor WA PosFin : +628112442026 dan +6281220322861
Waktu Layanan Pelanggan
  • Layanan pelanggan PosFin via email akan melayani Anda dalam 24 jam selama 7 hari
  • Layanan pelanggan PosFin via WA PosFIN akan melayani Anda dengan jam operasional sbb:
    • Senin s/d Jumat
    • Jam 08:00 s/d 17 : 00 untuk layanan yang terkait dengan Non Transaksi
    • Jam 08:00 s/d 20 : 00 untuk layanan yang terkait dengan Transaksi