Frequently Asked Question


Tentang PosPay

Apa Itu PosPay
PosPay adalah penyedia layanan Payment Point Online Banking (PPOB) berbasis Aplikasi dan Web Online dengan menggunakan kerjasama keagenan sebagai model bisnis utamanya. PosPay terafiliasi dengan PT. Pos Indonesia sebagai penyedia jasa layanan pembayaran terbesar, terlengkap dan termurah di Indonesia.
Apa keunggulan PosPay dibanding layanan PPOB lainnya
  • PosPay terhubung dengan lebih dari 500 mitra pembayaran menjadikan PosPay sebagai aplikasi penyedia layanan PPOB terlengkap di Indonesia, anda cukup menggunakan satu aplikasi untuk melakukan pembayaran apapun
  • PosPay memberikan harga dan keuntungan yang paling menarik diantara penyedia jasa layanan PPOB lainnya
  • PosPay menerapkan prinsip Non Deposit Based pada sumber dana pembayaran dimana anda dapat dengan leluasa menyimpan dana berapapun pada deposit PosPay tanpa terikat batasan penyimpanan dana
  • PosPay memberikan income bagi para agen nya di tiap transaksi secara real time
Bagaimana cara kerja PosPay
Agen menggunakan aplikasi PosPay untuk melakukan layanan pembayaran. Aplikasi PosPay akan mendebit saldo deposit agen untuk transaksi pembayaran. Tiap kali agen melakukan transaksi pembayaran agen akan mendapatkan komisi
Kenapa saya harus bergabung menjadi agen PosPay
Setiap rumah tangga di Indonesia memiliki kebutuhan pembayaran yang tinggi tiap bulannya, dengan bergabung menjadi agen pembayaran PosPay anda akan mendapatkan potensi keuntungan yang besar dari tiap transaksi yang dilakukan

Syarat Mendapatkan Layanan PosPay

Siapa saja yang bisa mendapatkan layanan PosPay
Setiap pengguna internet yang memiliki identitas warga negara Indonesia
Apa saja yang harus disiapkan untuk menjadi agen PosPay
  • Anda cukup menyediakan perangkat HP berbasis Android untuk mengakses Aplikasi PosPay atau perangkat komputer untuk mengakses Web Online PosPay
  • Dana awal sebagai deposit dana untuk melakukan transaksi pembayaran melalui PosPay
Perangkat apa yang mendukung layanan PosPay
  • Aplikasi PosPay bisa digunakan pada perangkat smartphone dengan sistem operasi Android OS v4 keatas
  • Web Online PosPay dapat diakses oleh perangkat PC atau laptop
Berapa biaya instalasi untuk menjadi agen PosPay
PosPay tidak mengenakan biaya instalasi apapun pada setiap agen yang akan bergabung. Jika terdapat kendala dalam operasional anda dapat menghubungi Upline anda atau HelpDesk PosPay
Berapa jumlah deposit yang harus disediakan
PosPay tidak menerapkan batasan deposit bagi para agen nya
Adakah kewajiban minimal deposit tertahan
PosPay tidak menerapkan aturan minimal deposit tertahan

Memulai Layanan PosPay

Dimana mendapatkan PosPay
  • Aplikasi PosPay dapat Anda unduh melalui platform aplikasi Google Play Store (khusus pengguna Android)
  • Untuk layanan Web Online PosPay anda dapat mengakses pospay.id melalui browser yang tersedia pada PC atau laptop anda
Apa yang harus saya lakukan sebelum menggunakan layanan PosPay
  • Bagi anda yang sebelumnya telah terdaftar sebagai agen PT. POS anda cukup melakukan login pada aplikasi PosPay menggunakan akun dan password yang telah kami kirimkan ke email
  • Bagi agen yang baru mendaftar layanan PosPay anda dapat melakukan registrasi pada layar login dengan langkah DAFTAR AGEN – VERIFIKASI AKUN – LENGKAPI DATA AGEN. Segera setelah akun anda terbentuk anda diharuskan mendapatkan persetujuan Upline untuk memulai transaksi pada aplikasi PosPay
  • Anda dapat menggunakan Akun anda secara bersamaan atau bergantian pada platform Android maupun Web Desktop. Hal ini menjadikan layanan PosPay fleksible dan dapat digunakan kapan saja dimana saja
Bagaimana jika saya tidak melengkapi data detil pribadi
Anda tetap dapat menggunakan layanan PosPay, walau demikian kami menyarankan anda untuk melengkapi data pribadi sebagai data korespondensi kami
Bagaimana cara melakukan Top Up Deposit
  • Pada saat anda membuat akun baru secara otomatis PosPay memberikan nomor virtual account bank BNI (anda dapat melihat nomor virtual account bank BNI anda pada menu AKUN)
  • Untuk TopUp deposit cukup lakukan transfer dana dari bank manapun ke virtual account BNI anda melalui channel bank yang ada (ATM, Internet Banking, dll)
  • Setelah menerima dana Top Up secara otomatis PosPay akan menambahkan saldo deposit anda. Selanjutnya deposit dapat digunakan untuk transaksi pembayaran
Apakah saldo deposit dapat “Expired” dalam kurun waktu tertentu
PosPay tidak menerapkan masa Expired pada saldo deposit agen
Bagaimana cara melakukan transaksi pembayaran
  • Pilih Mitra Pembayaran pada menu Beranda dan Transaksi sesuai keinginan pelanggan dan ikuti langkah selanjutnya
  • Setelah proses pembayaran selesai anda dapat mencetak bukti pembayaran sebagai bukti pembayaran
  • Pilih Layanan Pembayaran pada halaman Beranda atau halaman Transaksi dan ikuti langkah selanjutnya
  • Setiap kali Agen melakukan pembayaran saldo deposit agen akan berkurang sessuai tagihan
  • Setelah proses pembayaran selesai Agen dapat mencetak bukti pembayaran sebagai bukti pembayaran
Apakah saya dapat melihat rekaman transaksi pembayaran dan Top UP yang sudah saya lakukan
  • Anda dapat melihat rekaman transaksi pembayaran dan Top UP melalui menu RIWAYAT
  • Anda dapat mencetak ulang atau menanyakan ke team Help Desk kami untuk setiap rekaman transaksi anda
Apa saja faktor penyebab kegagalan transaksi
  • Deposit anda tidak mencukupi
  • Koneksi Internet terputus
  • Terjadi gangguan pada system Mitra Pembayaran
Bagaimana jika transaksi saya gagal
Laporkan ke team helpdesk PosPay dengan melampirkan data-data transaksi
Bagaimana pembagian komisi transaksi pembayaran
  • PosPay selalu memberikan yang terbaik atas upaya para agennya dalam mendapatkan income yang maksimal, dengan memperhatikan hal tersebut PosPay memberikan porsi keuntungan terbesar bagi agen dalam bentuk komisi transaksi
  • Besaran pembagian komisi kepada agen tergantung pada Upline dari masing-masing agen
Bagaimana mekanisme pembayaran komisi transaksi
  • Pada dasarnya PosPay akan memberikan komisi setiap kali transaksi berhasil dilakukan dan agen juga dapat melihat laporan komisi yang didapat pada sistem PosPay melalui menu AKUN – Riwayat Komisi
  • Namun demikian system laporan dan pembayaran komisi kepada para agen akan tergantung pada kebijakan Upline terhadap para agen dibawahnya
Jenis Printer Apa yang bisa digunakan pada system PosPay
  • Android : Mini Thermal Printer dengan koneksi melalui Bluetooth
  • Web Desktop : Printer Dot Matrix
Bagaimana cara menghubungkan mesin printer dengan system PosPay
  • Pada platform Android anda dapat menghubungkan PosPay dan Printer dengan cara, masuk halaman riwayat, pilih salah satu transaksi, pilih icon printer, saat cetak pertama kali anda akan melalui proses menghubungkan printer melalui koneksi bluetooth
  • Pada platform web desktop pastikan anda telah terhubung dengan printer dot matrix. PosPay akan mencetak bukti pembayaran melalui printer yang telah terhubung dengan Desktop/PC
Bagaimana sistem keamanan transaksi di PosPay
  • PosPay dilengkapi dengan beberapa sistem keamanan untuk menjamin transaksi anda berjalan dengan aman
    1. Two Factor Authentication : Setiap kali agen menggunakan PosPay pada perangkat baru, PosPay akan mengirim kode OTP melalui SMS untuk mengautentikasi akun anda
    2. Full Encrypted : PosPay memastikan data transaksi anda telah ter enkripsi dengan baik sehingga aman dari upaya penyalahgunaan
    3. Dukungan Captcha : PosPay dilengkapi Captcha saat login untuk menghindari upaya memasuki system PosPay dengan auto bot

Layanan Pelanggan

Bagaimana cara melaporkan gangguan
  • Anda dapat mengirimkan email ke helpdesk@pospay.id atau masuk ke menu AKUN, pilih Customer Service. Laporan anda secara otomatis terkirim ke customer support PosPay
  • Anda juga dapat melaporkan gangguan ke nomor WA PosPay : +628112442026 dan +6281220322861
Waktu Layanan Pelanggan
  • Layanan pelanggan PosPay via email akan melayani Anda dalam 24 jam selama 7 hari
  • Layanan pelanggan PosPay via WA PosPay akan melayani Anda dengan jam operasional sbb:
    • Senin s/d Jumat
    • Jam 08:00 s/d 17 : 00 untuk layanan yang terkait dengan Non Transaksi
    • Jam 08:00 s/d 20 : 00 untuk layanan yang terkait dengan Transaksi